17 Manfaat Garam Dapur Untuk Tanaman Cabai

Manfaat garam dapur untuk tanaman cabai, tanaman cabai ( capscum annum ) merupakan komoditas yang tergolong penting dan sangat populer di seluruh dunia, karena cabai sangat di gemari oleh berbagai lapisan masyarakat. Bertambahnya jumlah penduduk di dunia pada umumnya dan di Indonesia khususnya, sangat berpengaruh besar terhadap meningkatnya permintaan cabai di pasaran. Oleh karena itu, bagi kebanyakan petani hortikultura di Indonesia, membudidayakan tanaman cabai, terutama cabai besar dan cabai keriting hingga saat ini masih menjadi unggulan karena nilai ekonomi ber cocok tanam cabai sangat menarik.

17 Manfaat Garam Dapur Untuk Tanaman Cabai
Tanaman cabai mengunakan garam dapur

Perhitungan ekonomi semakin menggiurkan pada petani cabai saat musim hujan. Biasanya selama musim hujan harga cabai melonjak lantaran berkurangnya pasokan ke pasaran akibat banyak petani tidak menanam cabai karena takut gagal panen karena cuaca. Kendala penyakit juga jadi faktor utama ketika musim penghujan bagi petani cabai. Nah disini saya akan berbagi manfaat garam dapur untuk tanam cabai agar tumbuh subur dan berbuah sesuai harapan lagi pula tidak gampang terserang penyakit sebagai berikut.

Manfaat dan Kandungan Garam Dapur untuk Tanaman Cabai

  1. Garam yang mengandung unsur NA yang dapat mengsumbastitusi unsur kalium dalam tanah tanaman cabai, kalium adalah yang sangat di butuhkan oleh setiap tanaman terutama tanaman cabai.
  2. Garam juga mengandung sodium dan kurium yang mengandung unsur mikro yang dapat secara langsung di gunakan tanaman cabai.
  3. Garam mengandung KCL, unsur KCL dalam tanaman cabai sangat di butuhkan karena kandungan mikro organisme baik dalam tanah tanaman cabai, potasium atau florida dalam garam secara tidak langsung menarik unsur hara esensial lainnya baik makro maupun mikro  untuk di manfaatkan oleh tumbuhan secara langsung melalui proses dikomposer.
  4. Garam juga dapat membunuh bakteri dan jamur yang membawa penyakit dalam tanah sehingga tanaman cabai tidak mudah terkena penyakit karena daya tahan tanaman cabai lebih kebal dari serangan hama penyakit.
  5. Garam dapat menyuburkan tanah tanaman cabai, secara anorganik alami, tidak mengandung zat kimia yang dapat berpotensi merusak sehingga dapat di gunakan dalam jangka panjang lima kemampuan mikro organisme untuk menghasilkan unsur hara esensial bersifat terus menerus dan dapat bertahan tidak mudah hanyut oleh aliran air.
  6. Garam dapat mempertahankan kandungan air sehingga tanah tanaman cabai tidak mudah dihidrasi kering saat musim kemarau tiba.
  7. Garam sebagai senyawa ionik berperan penting untuk memperkuat daya tahan tubuh semua mahluk hidup termasuk manusia dan tumbuhan hijau.
  8. Agar tanaman lebih subur dan berdaun lebih lebat.
  9. Dapat memperkuat batang dan akar tanaman cabai.
  10. Dapat mencegah bunga tanaman cabai tidak mudah rontok sebelum waktunya.
  11. Manfaat lainnya dapat menjadikan buah cabai menjadi besar dan panjang.
  12. Dapat mencegah penyakit busuk pada daun dan buah pada tanaman cabai.
  13. Dapat mengobati daun dan buah cabai yang menguning karena hama.
  14. Menghilangkan penyakit keriting daun yang sering menyerang tanaman cabai.
  15. Dapat mencegah daun dan buah rontok sebelum waktunya.
  16. Mencegah berbagai penyakit yang di sebabkan mikro organisme bakteri, virus dan jamur pada tanaman cabai.
  17. Garam dapat mengusir hama perusak seperti misalnya hama wereng dan serangga lainnya.
Itulah manfaat garam dapur untuk tanaman cabai yang saya buat, kiranya bisa untuk anda coba, bagi anda yang mempunyai hobi sebagai petani cabai. Bagikan juga halaman ini kepada teman atau kerbat dekat anda yang ber profesi sebagai petani cabai. Agar halaman ini lebih banyak bermanfaat bagi banyak orang khususnya bagi para petani cabai. Terimakasih juga telah berkunjung ke halaman ini kunjungi juga halaman-halaman tinon rejo yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Manfaat Garam Dapur Untuk Tanaman Cabai"

Posting Komentar