Cara Budidaya Tanaman Lobak

Cara budidaya tanaman lobak, sayuran jenis tanaman umbi-umbian sangat banyak jenisnya yang di golong kan tanaman sayuran. Dari sekian banyak jenis sayuran yang tergolong tanaman umbi yaitu adalah tumbuhan lobak. Tumbuhan lobak ini jenisnya menyerupai seperti tumbuhan sayuran wortel, jika buah dari tumbuhan wortel berwarna oren tapi jika tumbuhan lobak buahnya berwarna putih.

Cara Budidaya Tanaman Lobak
Budidaya tanaman lobak

Rasa dan cirri-ciri buah lobak sebelum di masak, mempunyai rasa agak pedas dan rasa getir di lidah. Tapi buah lobak ini ketika sudah di rebus dan di jadikan makanan kuliner misalnya seperti soto mie atau soto santan, maka rasa buah lobak ini sangat sedap. Rasa pedas dan getir pada buah lobak ini akan hilang dang menjadi rasa sedap.

Tumbuhan lobak merupakan tumbuhan se musim yang berbentuk perdu. Jenis bentuk tumbuhan ini berbatang pendek dan tertutup pelepah yang tersusun rapat. Dan jenis daun nya lonjong hampir menjari, kedua sisi bergerigi tak rata, dan berbulu pendek tak rata.

Adapun jenis akar tanam lobak ini, berakar tunggang yang lama kelamaan berbentuk dan fungsinya menjadi umbi yang besar dan berwarna putih. Jenis kandungan yang ada pada umbi lobak ini adalah vitamin B dan C. jenis tanaman lobak ini tidak terlalu banyak memerlukan perawatan khusus, terutama tanaman ini di tanam, di tanah yang mengandung unsur humus, gembur dan tidak ber kerikil.
Lihat juga :Cara Budidaya tanaman Bit
Tanaman umbi lobak ini gampang berbunga dan banyak menghasilkan biji. Dengan biji-bijinya yang sudah tua kita dapat kita jadikan  bahan bibit untuk langkah penanaman budidaya tanaman lobak selanjutnya. Benih tanaman lobak tersebut bisa juga anda dapatkan di kios-kios pertanian. Nah kali ini saya akan langsung saja memberi tips cara budidaya tanaman lobak sebagai berikut.

Langkah dan Perawatan Hingga Masa Panen

  1. Langkah awal kita siapkan lahan dengan ukuran 100 x 60 cm. cangkul lah lahan tersebut sedalam 30 cm sampai tanah di nyatakan gembur. Aduk lah tanah tersebut dengan mengunakan 5 kg kompos dan ratakan kembali seperti permukaan awal. Langkah selanjutnya buatlah garitan dengan mengunakan cangkul yang di miringkan dengan jarak antar garitan tersebut sekitar 20 cm.
  2. Biji lobak yang telah d persiapkan kurang lebih 15 gram, kita taburkan pada kedua garitan memanjang itu secara merata lalu ditutupi dengan sedikit tanah. Siram lah garitan tersebut setiap hari secara teratur. Benih lobak akan tumbuh setelah 4 hari setelah penebaran.
  3. Pertumbuhan lobak setelah berumur 2-3 minggu, tanaman lobak harus di dangir.  Jika di dalam pertumbuhan lobak terdapat rerumputan sebaiknya segera di buang karena dapat mengganggu masa pertumbuhan lobak tersebut, dan tanah di sepanjang bibit harus di tinggi kan.
  4. Tanaman bibit harus diperpanjang. Buanglah tanaman yang tidak subur. Pindahkan atau kelompokan tanaman yang sehat atau subur.
  5. Selesai pendangiran, pengulutan, dan panjarangan, tanaman tersebut mulailah kita beri pupuk tambahan berupa pupuk ZA dan DS dengan perbandinga 1 : 2 sebanyak 2 gram/kelompok tanaman. Pupuk tersebut dibenemkan di samping kanan dan kiri tanaman  berjarak 5 cm dari batang.
  6. Jenis tumbuhan lobak ini dapat di panen ketika sudah berumur 2 bulan setelah penebaran benih. Perlu anda ingat juga dalam pemanenan tumbuhan lobak ini jangan sampai terlalu tua karena bila melewati umur tanaman (terlalu tua ) umbi lobak akan hampa dan keropos hingga tidak enak di makan.
Lihat juga :Cara Menanam Cabe Merah Di Pot
Itulah cara budidaya tanaman lobak yang saya buat, kiranya bisa anda lakukan bagi anda yang suka dalam berolah tanam di bidang pertanian. Dan perlu anda ingat juga sebelum anda melakukan pekerjaan   yang sesuai rangkaian pekerjaan di atas, anda di haruskan memakai sarung tangan dan sepatu karet. Demikian juga anda setelah melakukan rangkaean pekerjaan di atas, anda harus mencuci tangan dan kaki serta anda harus memakai masker ketika menyemprotkan insektisida pada tanaman tersebut. Hal itu mengapa harus anda lakukan, demi untuk menjaga keselamatan dan kesehatan anda dalam bercocok tanam. Terimakasih juga anda sudah berkunjung ke halaman ini, kiranya halaman ini bisa  anda bagikan juga kepada saudara-saudara anda, khususnya yang suka di bidang pertanian agar halaman ini lebih bermanfaat.      

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Tanaman Lobak"

Posting Komentar